Lihat & Tonton Tarian Barong Di Bali?


Tarian Barong ( Barong and Kris dance) di iringi Gamelan Bali merupakan sebuah tari tradisional Bali. Tarian ini bs ditonton selama satu jam. Cerita di ambil dari cerita calon arang , menceritakan peperangan antara kekuatan jahat melawan kebaikan.


 
Ringkasa ceritanya sebagai berikut:
  1. Tari barong keluar dengan diiringi Gamelan Bali , kurang lebih 5 menit menari datanglah monyet sebagai temannya Barong, kemudian mereka bercanda ria.
  2. Step kedua tarian Tari Kabor, dua orang penari menarikan tari gabor.
  3. Patih dan Raja kena pengaruh mistik dari rangda
  4. Barong dan Rangda bertarung , tak ada yang menang.
  5. Tidak ada yang menang pada pertarungan ini, akhirnya penari trance dan menusuk dirinya sendiri dengan kris tapi tidak sampai luka.

Untuk memiliki magis Topeng tari barong di buat dari kayu yang ada di desa setempat yang di ambil dari tempat khusus seperti kuburan, bekas pematang dan lain lain. Kalau ada upacara di pura, Tarian Barong sangat di sucikan oleh masyarakat Bali. Pada umumnya tarian ini di pentaskan di halaman pertama pura Dalem selama lebih dari dua jam karena sebelum tarian ini di pentaskan ,ada tarian pembuka seperti tarian Legong, Jauk, Baris, dan Kelek.Ada beberapa jenis tari barong namun yang sering dipentaskan untuk konsumsi pariwisata yaitu jenis Baring Ket.


Tari barongBarong Ket atau Barong Keket adalah tari Barong yang paling banyak terdapat di Bali dan paling sering dipentaskan serta memiliki pebendaharaan gerak tari yang lengkap. Dari wujudnya, Barong Ket ini merupakan perpaduan antara singa, macan, sapi atau boma. Badan Barong ini dihiasi dengan ukiran-ukiran dibuat dari kulit, ditempel kaca cermin yang berkilauan dan bulunya dibuat dari perasok (serat dari daun sejenis tanaman mirip pandan), ijuk atau ada pula dari bulu burung gagak.


LihatTutupKomentar