Mau Lihat Jurang & Tebing Tepi Laut Di Pura Uluwatu?



Pura Uluwatu di bangun di  tebing  batu karang di daerah uluwatu dengan ketinggian 97 meter dari permukaan laut.Pura Uluwatu yailah salah satu  Pura Sad Kayangan di Bali, orang Bali percaya  pura ini simbolis dari  sebagai penyangga dari 9 mata angin. Pura  Uluwatu di bangun oleh  Empu Kuturan pada abad ke-11. 

Beliau mengajarkan  tentang  Desa Adat  dan tata tertib pada Desa Adat di Bali pada waktu itu. Pura Uluwatu  dikembangkan oleh  Dang Hyang Nirartha, seorang pendeta suci agama Hindhu dari Majapahit datang ke Bali pada tahun 1550, dengan tujuan menyebarkan agama hindhu Ke Bali, pada saat itu di Majapahit terjadi perang hebat antara Majapahit dengan kerajaan Islam .Beliau  mengakhiri perjalanan sucinya di Pura Uluwatu dan belai wafat dan Mkosa atau mencapai Nirwana di Pura Uluwatu ini.

Pura Luhur Uluwatu  mempunyai tempat yang strategis dan sangat indah. Salah satu daya tarik ialah pemandangan laut dan matahari terbenam di ujung barat sangat indah. Anda ada di ketinggian 100 meter, sedangkan matahari ada di bawah , pemandangan sangat menakjudkan.Pura ini seperti bertengger di ujung tebing batu yang sangat tinggi dan curam, dengan pemandangan lautnya dibawah berwarna biru bersih dan hantaman ombak yang menghasilkan buih-buih putih yang sangat cantik.

Beberapa catatan sejarah Bali,seorang pendeta Hindu yang berasal dari Jawa bernama Empu Kuturan, merupakan orang yang pertama kali membangun pura di tempat ini.Dalam perjalanan suci beliau selama di Bali, belaiu juga  membangun pura Tanah Lot yang juga terkenal dengan pemandangan matahari terbenam (sunset) yang sangat indah.

Anda juga bisa menonton tari kecak saat matahai terbenam dengan dilatarbelakangi  sunset dan laut India. Tari Kecak adalah salah satu tarian Bali yang paling populer. Tarian Kecak bisa ditemukan di beberapa tempat di Bali, tapi yang di Uluwatu adalah yang paling menarik untuk ditonton.


Pura Uluwatu adalah pura yang kaya akan nilai sejarah dan nilai magis. Pura ini begitu luar biasa, berdiri di atas tebing berlatangbelakang lautan Hindia. Uluwatu dikenal sebagai tempat bagus untuk surfing dan menghabiskan waktu di pantai.anda anda bisa memancing di sekitar Laut Pura Uluwatu. Selamat Berlibur.

LihatTutupKomentar